Headlines News :

Pengertian dan Sejarah Blogger

Blog adalah singkatan dari 'web blog', merupakan sebuah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Sering sekali tulisan tersebut dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru terlebih dahulu kemudian diikuti isi yang lebih lama), walaupun tidak selalu demikian. Situs web demikian dapat diakses oleh semua peselancar dunia maya dan pada umumnya berisi topik-topik yang spesifik. Itulah pengertian yang diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Fungsi dari blog sendiri bermacam-macam, bisa sebagau sebuah catatan harian, media publikasi kampanye politik, bahkan sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas untuk berinteraksi dengan para pengunjungnya, seperti memasang buku tamu dan kolom komentar yang memperbolehkan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari artikel yang telah dipublikasikan. Tapi ada juga blog yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan AdSense, posting berbayar, jualan link, afiliasi dan lain-lain. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog. Karena memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.

Blogger atau yang sekarang disebut Blogspot sudah tidak asing lagi di kalangan blogger. Penyedia layanan blog gratisan ini adalah perusahaan besar yang menyaingi WordPress sehingga bisa dibilang merupakan penyedia blog gratisan nomor satu paling laris di dunia.


Berikut Sejarah Blogger :

Blogger sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

Pada bulan Februari 2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.

Pengertian dan Sejarah Blogger 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Di terbitkan pada :

Wednesday, April 1, 2015

0 comments:

Post a Comment